Berbeda-beda suku kenapa Indonesia tetap harus bersatu_

Berbeda-beda suku, kenapa Indonesia tetap harus bersatu?

Langkah Hemat Pererat Pertemanan dengan JalanJalan Indonesia yaitu satu diantara negara kepulauan paling besar didunia. Sudah pasti, dari 17. 506 pulau yang ada di Indonesia, masingmasing daerah tentu miliki budaya masingmasing. Ada sangat banyak ras, suku, etnik, serta budaya yang ada di Indonesia. Terlebih tiap-tiap daerah miliki kekhasan sendirisendiri. Lantas, nampaklah perseteruan akibat beberapa orang yang jadikan daerahnya sebagai prioritas paling utama serta melupakan tanggung jawab sebagai warga negara. Apa tanggung jawab kita sebagai warga negara? Ada sangat banyak tanggung jawab kita pada negara, salah nya ialah melindungi persatuan Indonesia.

Walau sebenarnya, bila dipikirpikir lagi, keberagaman masingmasing daerah itu jadi modal dalam pembangunan negara, loh! Tetapi sayang kan bila kita sama-sama membenci antar suku atau antar ras hanya lantaran berasumsi bila daerahnyalah yang paling baik.

Menurut undangundang basic Republik Indonesia th. 1945 Pasal 28D ayat 1 yang bunyinya Tiap-tiap orang memiliki hak atas pernyataan, jaminan, perlindungan serta kepastian hukum yang adil dan perlakuan yang sama di hadapan umum . Nah loh, bila anda lakukan benturan atau menyebabkan perseteruan, anda bakalan tidak mematuhi undangundang. Tidak mau, kan?

Benturan serta perseteruan yang berlangsung di antara ras atau suku dapat dijauhi lewat cara memberi perlindungan pada tiap-tiap warga negara. Itu tugasnya negara, sebagai warga negara, kita tidak bisa hanya diam saja. Kita mesti dapat bertoleransi dengan orangorang yang tidak sama dari kita. Lain itu tidak jadi argumen kita mesti sama-sama membenci, jadi kita dapat sama-sama menghormati keduanya.

Well, terdapat beberapa hal yang perlu kita cermati dalam soal mempersatukan bangsa. Anda ingin kan belajar selanjutnya mengenai bab ini? Anda dapat belajar sendiri atau belajar dengan cara grup dengan rekanmu. Selamat belajar.

Leave a comment