Beberapa langkah Proteksi Tempat tinggal Waktu Curah Hujan Ekstrem

   Hujan lebat yang dibarengi petir akhir-akhir ini semakin kerap berlangsung. Menurut Tubuh Meterologi, Klimatologi, serta Geofisika (BMKG), hujan lebat dengan curah yang tinggi itu dikarenakan oleh fenomena La Nina. Andi Eka Sakya sebagai kepala BMKG memberikan, curah hujan di Indonesia begitu tergantung pada angin Muson, yakni pola angin musiman yang berlangsung tiap-tiap enam bln. sekali.  Serta untuk menghadapi semua peluang yang bisa berlangsung akibat musim penghujan seperti ini jadi tak ada kelirunya bila Anda mulai mengaplikasikan 8 hal utama yang perlu dikerjakan pada tempat tinggal Anda. Tersebut disini poin-poinnya :

  1. Atap. Angin kencang pastinya jadi momok yang menakutkan untuk tempat tinggal yang keadaan atapnya kurang baik. Jadi, check atap tempat tinggal Anda sejumlah 2 x satu tahun. Bila ini teratur dikerjakan, pasti semakin lebih murah serta gampang bila dibanding mesti melakukan perbaikan atap dengan keadaan rusak kronis.  Apa yang perlu di check? Yakinkan kalau tak ada lubang serta tak ada karat selama bubungan atap serta talang sisi bawah jurai atap.  Sisi genteng juga baiknya tak terlupakan. Yakinkan tak ada genteng yang pecah, lapuk, atau tidak terpasang prima. Bila diketemukan rusaknya, cepatlah ubah dengan yang baru.
  2. Langit-langit. Sesudah atap, janganlah lupa juga untuk mengecek sisi plafon rumah. Waktu hujan, serta berlangsung rembesan air, cepatlah untuk memperbaikinya. Bila didiamkan, rembesan air dapat menyebabkan jamur yang dapat mengakibatkan pergantian warna dinding serta plafon rumah Anda.
  3. Saluran Air. Hal utama yang perlu di perhatikan yaitu saluran air. Yakinkan kalau saluran air tak terhalang. Lantaran apabila tidak selamanya di check, waktu hujan kemungkinan besar dapat mengakibatkan banjir.
  4. Pintu serta Jendela. Yakinkan pintu serta jendela bisa tutup dengan rapat. Bila tak, kerjakan perbaikan seperti dibutuhkan.
  5. Cabang Pohon. Terkecuali sisi dalam tempat tinggal, lingkungan pekarangan juga jadi hal utama yang perlu di perhatikan. Bila Anda penggemar tanaman, baiknya yakinkan tidak ada dahan serta cabang mati di pohon sekitaran tempat tinggal.  Dahan serta cabang pohon yang telah mati, dapat membahayakan penghuni serta orang yang melintas di bawahnya, lantaran begitu rawan apabila terserang terpaan angin yang kencang.
  6. Sisi Tempat tinggal yang Rendah. Air senantiasa mengalir dari dataran tinggi menuju yang lebih rendah. Karenanya janganlah lupa memperhatikan bebrapa sisi spesifik dari tempat tinggal yang bisa dimasuki air. Umpamanya pada ruang garasi, bawah pintu, atau lantai dasar.  Untuk mengatasinya Anda dapat memakai bahan yang miliki daya serap air yang tinggi seperti ‘Hurricane sock’.
  7. Karung Pasir. Langkah alternatif untuk menghadapi banjir waktu musim hujan yaitu dengan memakai karung pasir untuk daerah yang rendah serta riskan banjir. Letakan karung pasir tersebut di depan atau sekitaran tempat tinggal dengan cara bertumpuk.  Namun ingat, ini yaitu langkah alternatif. Lantaran apabila ditempatkan terus-terusan, bakal mengganggu keindahan eksterior tempat tinggal Anda.
  8. Furniture serta Alat Elektronik. Bila tempat tinggal riskan banjir, selekasnya pindahkan furniture serta perlengkapan elektronik ke lantai atas atau tempat yang lebih tinggi.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s